Dua Resep kue tradisional Yang Paling Banyak Dicari

Dari jaman dahulu hingga jaman modern seperti sekarang ini, tidak hanya didesa dan bahkan dikota. Resep kue tradisional seperti mendut dan nagasari selalu menjadi favorit. Dimana banyak sekali hidangan roti dengan aneka rasa dan juga toping yang sangat menarik, tapi jajanan pasar tidak akan pernah bisa ditinggalkan. Pada jamuan khusus seperti hajatan dan juga arisan rt jajanan pasar sering kali dihidangkan dan peminatnya pun tidak pernah berkurang. Resep kue tradisional memang tidak akan pernah bisa kita lupakan, rasa jajanan pasar yang sederhana ini pas dilidah dan selalu mengingatkan kita pada masa kecil….

Berikut ini akan kita bahas satu persatu resep kue tradisional  dari tepung beras yaitu mendut dan nagasari. Ikuti dengan seksama ya bun resep kue tradisional jawa ini, agar nanti hasilnya memuaskan……

resep kue tradisional mendut dan nagasariResep kue tradisional nagasari pisang kepok

Pertama kali yang akan kita bagikan adalah resep kue tepung beras kukus nagasari yang diisi dengan pisang. resep kue tradisional jawa tengah ini dibungkus dengan daun pisang kepok yang sudah dipotong potong , rasanya wah mantap nih . apalagi jika disajikan ketika masih hangat. Kue nagasari sering kita jumpai pada acara hajatan terutama acara khitan dan pernikahan . tapi resep kue tradisional kukus ini juga banyak kok dijual dipasar pasar tradisional sebagai jajanan pasar. Harganya yang murah dan rasanya yang pasti enak membuat kue satu ini banyak disukai. Lagi pula hasil olahan tepung beras satu ini merupakan Resep kue tradisional warisan lelulur yang mesti kita jaga dan lestarikan, yaitu dengan sering membuatnya…………

Cara membuat Resep kue tradisional nagasari sangatlah mudah dan sederhana, tapi jangan bingung ketika dipegang mungkin ada terasa lengket, ini terjadi karena pembuatannya dicampur dengan sagu. resep kue tradisional nagasari yang aseli dibuat menggunakan tepung beras saja sebagai bahan paling utama dan menggunakan santan kental ditambah dengan bahan bahan yang lain. Yang unik dari kue ini adalah ada potongan pisang didalamnya sehingga terasa manis dan legit saat digigit. pisang yang digunakan bisa pisang kepok, pisang raja, atau pisang yang lain , sesuai selera saja

Resep kue nagasari tepung beras yang akan kita buat kali ini tidak bisa bertahan lama seperti halnya roti  yang umumnya bisa tahan hingga tiga harian, resep nagasari enak dan lembut ini memakai santan untuk membuatnya sehingga paling lama tahan sehari saja , sama seperti Resep kue tradisional yang lain. Tapi justru inilah yang menjadi daya tarik sendiri dari kue tradisional, karena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet yang kita tahu mengandung bahan yang  sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Cara membuat Resep kue tradisional kue nagasari isi pisang…

Pertama tama kita siapkan Bahan bahan kue nagasari dan juga alat yang akan kita pakai untuk memasak kue ini. Bahan utama nagasari pisang adalah tepung beras. kami memakai rose brand untuk membuatnya. resep kue basah dari tepung beras rose brand ini dicampurkan dengan santan kelapa yang kental dan fresh, lalu pisang kepok untuk isiannya dan bahan lainnya. tidak ketinggalkan daun pisangnya ya. peralatan yang dipakai pun tidak banyak, cukup sederhana dan pastinya sudah ada didapur kita. seperti panci dan juga dandang untuk mengukus / panci kukusan.

  1. Pertama siapkan 250 gram  tepung beras , dan dipastikan tepung masih bagus untuk menghindari bau apek pada adonan nagasari.
  2. Siapkan juga satu butir kelapa yang sudah tua, dan peras kelapa menjadi sekitar 3.5 gelas santan kental.
  3. Seperempat gula pasir, silahkan jika ingin lebih manis atau malah terlalu manis.
  4. Siapkan 5 atau 6 biji pisang kepok, iris sesuai selera.
  5. Untuk memberikan aroma wangi, siapkan juga sekitar 5 lembar daun pandan segar, dipotong kecil ya bun.
  6. Garam dan juga vanili bubuk secukupnya
  7. Siapkan juga beberapa lembar daun pisang yang sudah dibersihkan dan juga layukan agar mudah dibentuk

Setelah semua bahan siap, sekarang kita tinggal membuatnya.

  1. Pertama Kupaslah  pisang kepok dan dipotong sesuai selera, umumnya dipotong serong dengan ketebalan 1 cm.
  2. Masukkan adonan kedalam panci , mulai dari santan, gula, daun pandan, vanili dan garam. semua bahan tersebut dicampur rata dan diusahakan larut dengan sempurna
  3. Masukkan tepung beras, sedikit demi sedikit sambil terus diadok agar adonan tercampur merata
  4. Siapkan api sedang, masak adonan tersebut hingga matang, jangan lupa untuk terus mengaduknya hingga kental dan lengket.
  5. Jika sudah matang, tunggu agak dingin lalu mulai membungkusnya. cara nya mudah kok, ambil selembar daun pisang lalu masukkan dua sendok adonan kemudian tambahkan pisang kepok didalamnya , kemudian dibungkus menjadi bentuk segi empat.
  6. Setelah semuanya terbungkus , kita tinggal mengukusnya, kira kira selama 20 menitan dengan api sedang saja.
  7. Ketika daun pisang sudah berubah menjadi hijau tua itu berarti Resep kue tradisional nagasari kita sudah matang ya bun. Kue ini rasanya manis, lembut dan lumer di lidah, coba dech………

Resep kue tradisional khas jawa mendut

Resep kue tradisional lain yang tidak kalah enaknya adalah mendut, berikut ini akan dibahas resep kue mendut mulai dari bahan dan cara membuat kue mendut. Bahan yang dipakai untuk membuat kue mendut antara lain :

  1. 400 gram tepung ketan
  2. 2 lembar daun pandan , potong potong
  3. 100 gram tepung sagu / tapioka
  4. 1/2 sdt garam
  5. air hangat seperlunya
  6. daun pisang seperlunya
  7. jangan ketinggalan lidi , untuk menyemat

Bahan isi kue mendut :

  1. 1 buah kelapa parut yang diperas santannya
  2. 1/4 sdt garam
  3. 1/4 kg gula aren, karena rasanya lebih manis dan sehat
  4. 1 lembar daun pandan
  5.  air seperlunya

Bahan kuah santan kue mendut:
Santan yang sebelumnya telah di peras santannya dari 1 buah kelapa
1 sdt garam

CARA MEMBUAT Resep kue tradisional KUE MENDUT :

  1. Pertama membuat kuah, rebus santan dengan diberikan satu sendok garam agar terasa gurih, pakai api sedang saja. rebus hingga mendidih dan matang, kemudian angkat.
  2. Kedua membuat isian kue mendut, 1/4 gula aren dilelehkan kemudian masukkan kelapa parut , daun pandan , garam dan juga air. diaduk dengan rata dan dimasak sampai matang, lalu angkat.
  3. Ketiga membuat adonan kulit, masukkan tepung ketan, tepung sagu, garam dan air hangat dalam sebuah wadah. diuleni sampai menjadi adonan.
  4. Ambil sedikit adonan kulit ,lalu di pipihkan dan isi  dengan bahan isian kue mendut , rapatkan lagi  dan bulatkan. Buat semuanya sampai adonan habis.
  5. Persiapkan daun pisang , isi dengan mendut yang sudah dibulatkan tadi, lalu siram dengan kuah. setelah itu dibungkus memakai daun pisang , dan sematkan dengan lidi agar tidak tumpah
  6. Panaskan panci kukusan, masukkan bungkusan bungkusan daun pisang itu kedalamnya. di masak hingga 30 menit dengan api sedang.
  7. Kue mendut siap untuk dihidangkan,

Demikian sist and bunda  cantik cara membuat kue nagasari isi pisang kepok dan juga kue mendut. Tidak ada salahnya belajar membuat kue ini sendiri dirumah. Disamping kita bisa memilih sendiri semua bahannya , pastinya lebih murah dan juga higienis. Kalo kebanyakan bisa dibagikan ketetangga juga hehe. Apalagi kalo sudah mahir, saat ada saudara atau tetangga punya acara kita bisa membantu , minimal bantu membungkus. Semoga Resep kue tradisional ini bermanfaat……….

Bagi yang bermasalah dengan berat badan dan berniat untuk menurunkannya, Simak artikel tentang  OBAT PELANGSING AMAN DAN TERBAIK BAGI TUBUH sehingga sist anda bunda tidak salah pilih obat.

Leave a Reply

error: Content is protected !!